Kenali 5 Fakta Unik Sriwijaya Air sebagai Salah Satu Maskapai Terbesar di Indonesia


Kenali 5 Fakta Unik Sriwijaya Air sebagai Salah Satu Maskapai Terbesar di Indonesia

Sriwijaya Air mungkin terdengar tidak asing lagi bagi para perantau yang datang ke Pulau Jawa. Maskapai ini menjadi salah satu maskapai pilihan untuk mereka yang mudik saat libur lebaran tiba. Sriwijaya Air pun menjadi salah satu maskapai terbesar di Indonesia yang telah menerbangkan penumpang sebanyak Rp. 800 ribu setiap bulannya.

Karena sering melakukan penerbangan, Sriwijaya Air merambah ke 43 destinasi, termasuk tiga negara tingkat regional. Tidak hanya itu, daerah-daerah tujuan wisata populer lainnya di Indonesia menjadi tujuan penerbangan Sriwijaya Air. Belum selesai di sana saja, Sriwijaya Air memiliki konsentrasi pada bisnis penerbangan penumpang serta layanan pengiriman barang. Jangkauannya sangat luas, yaitu regional hingga nasional.

Fakta Unik Sriwijaya Air

Sriwijaya Air pertama kali didirikan pada November 2003. Maskapai ini telah berhasil mencapai target-target yang dikemas melalui visi dan misinya. Di antara visi dan misinya itu ialah mengedepankan layanan berkualitas, menjadi maskapai penerbangan yang mampu bersaing secara nasional maupun regional, siap berekspansi bisnis pada level dunia, dan masih banyak lagi.

Dengan kekuatan visi dan misi tersebut, Sriwijaya Air memiliki fakta unik yang mungkin tidak kamu sadari selama ini. Berikut fakta unik Sriwijaya Air yang akan diuraikan di bawah ini.

  1. Didirikan Secara Keroyokan dan Dimulai dari Satu Pesawat
Orang-orang dibalik maskapai penerbangan ini terdiri dari empat orang, di antaranya Chandra Lie, Hendry Lie, Johannes Bunjamin, dan Andy Halim. Sriwijaya Air merupakan perusahaan swasta yang murni didirikan oleh empat orang tersebut. Untuk memulai usahanya, para pendiri membeli satu buah pesawat armada Boeing 737-200. Pesawat inilah yang pertama kali beroperasi yang kemudian dinamai Sriwijaya Air.

  1. Langganan Pesawat Boeing
Maskapai penerbangan Sriwijaya Air selalu menggunakan pesawat Boeing setiap kali beroperasi. Setelah memensiunkan armada Boeing sebelumnya, Sriwijaya Air melirik Boeing seri 737-800 New Generation (NG). Pembelian armada ini uniknya didanai oleh bank lokal Indonesia karena Sriwijaya Air merupakan aset bangsa dan negara. Dengan demikian, sejauh ini Sriwijaya Air hanya menggunakan armada Boeing dengan berbagai seri untuk mengantarkan para penumpangnya.

  1. Keselamatan Sangat Diutamakan
Keamanan merupakan prinsip utama dari maskapai penerbangan Sriwijaya Air, baik untuk seluruh karyawan dan karyawatinya maupun bagi penumpang. Perkembangan Sriwijaya Air yang pesat dipengaruhi oleh prinsip keamanan yang di atas segala-galanya. Mereka memiliki tagline yang menyebutkan safety is number one. Meskipun semua maskapai mengutamakan keselamatan, Sriwijaya Air pun sangat menekankan keselamatan.

  1. Tertera Nama Joko Widodo
Nama Joko Widodo yang dimaksud tentu bukan nama presiden Indonesia. Joko Widodo merupakan salah satu nama dari beberapa tenaga ahli yang turut menjadi pionir berdirinya Sriwijaya Air. Hal ini tentu menjadi unik, karena nama tersebut kini menjadi nama presiden Indonesia. Mungkin orang-orang bisa saja menyangka kalau Joko Widodo yang dimaksud ialah presiden negeri kita tercinta.

  1. Menyabet Berbagai Penghargaan
Saat ini, Sriwijaya Air memiliki puluhan armada Boeing yang beroperasi secara regional, nasional, dan internasional. Bukti kesuksesan maskapai ini dapat dibuktikan dengan diraihnya beberapa gelar penghargaan, antara lain Indonesia Service to Care Champion 2012, The Nielsen Indonesia: Superbrand 2012, dan lainnya.

Demikianlah beberapa fakta unik dari maskapai Sriwijaya Air yang telah mencapai kesuksesan bahkan menjadi salah satu maskapai terbesar di Indonesia. Berbicara mengenai pelayanan, Sriwijaya Air berada pada tingkat ketiga sebagai maskapai penerbangan dengan layanan ekonomi terfavorit.

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 komentar:

Posting Komentar