Melalui Program Pertanian Terpadu, Perusahaan Sukanto Tanoto Bantu Petani Bercocok Tanam lebih Efisien


Melalui Program Pertanian Terpadu, Perusahaan Sukanto Tanoto Bantu Petani Bercocok Tanam lebih Efisien
Sumber: riauonline.co.id

Bercocok tanam masih menjadi sumber mata pencaharian utama bagi sebagian masyarakat di provinsi Riau. Meski demikian, minimnya pengetahuan membuat banyak dari mereka terjebak pada rutinitas dengan produktivitas yang sangat terbatas. Kondisi ini semakin diperparah dengan keterbatasan peralatan yang mereka miliki. Melihat kondisi tersebut, salah satu anak perusahaan Sukanto Tanoto, yakni PT RAPP tergerak untuk mengulurkan bantuan.

PT RAPP (Riau Andalan Pulp and Paper) sendiri merupakan salah satu anak usaha APRIL Group yang juga dikenal sebagai salah satu produsen pulp dan kertas terbesar di dunia dengan produksi tahunan mencapai 2,8 juta ton pulp dan 1,15 juta ton kertas.

Sebagai perusahaan yang berbasis pada alam, PT RAPP memiliki pengetahuan dan sumber daya yang sangat besar. Dengan berbekal itu semua, perusahaan Sukanto Tanoto ini pun berinisiatif untuk membantu petani sekitar area operasi untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam bercocok tanam.

Pelatihan Sistem Pertanian Terpadu PT RAPP


Efisiensi dalam bercocok tanam dapat meningkatkan produktivitas sekaligus hasil dari aktivitas pertanian. Lewat praktek pertanian yang terencana, perekonomian keluarga juga bisa terbantu.

Program pelatihan sistem pertanian terpadu merupakan salah satu agenda rutin PT RAPP yang diselenggarakan untuk mencapai tujuan tersebut. Selama kurang lebih dua dekade, program ini berfokus pada transfer ilmu dari pakar kepada para petani sekitar.

Melalui program pelatihan ini, PT RAPP menyalurkan pengetahuan yang mereka miliki tentang tata cara bercocok tanam yang baik dan efisien. Para petani yang menjadi peserta pelatihan juga diajarkan tentang bagaimana cara bercocok tanam dengan sistem terpadu.

Salah satu pendekatan pertanian terpadu yang dilakukan dalam program pelatihan ini adalah dengan mengintegrasikan antara pertanian dan peternakan. Perusahaan Sukanto Tanoto ini juga mendorong masyarakat sekitar untuk membudidayakan tanaman hortikultura dengan cara-cara yang ramah lingkungan mulai dengan memaksimalkan pemanfaatan pekarangan hingga membuat tempat penampungan air hujan yang nantinya digunakan untuk menyiram tanaman.

Hingga saat ini, sedikitnya ada 105 pokok tani binaan yang telah menerapkan praktek integrasi antara pertanian dan peternakan. Sedangkan untuk total luas lahan yang dikelola oleh para petani binaan, tercatat sedikitnya ada 2.400 hektar lahan. Melalui program One Village One Commodity (OVOC), PT RAPP juga membantu desa-desa di sekitar area operasi untuk mengembangkan komoditas unggulan yang memiliki nilai ekonomis tinggi.

Membantu Pengusaha Lokal Mengembangkan Bisnisnya


Selain membantu para petani meningkatkan produktivitasnya, PT RAPP juga aktif membantu pengusaha lokal dalam mengembangkan bisnisnya. Pelatihan rutin diselenggarakan untuk membantu pengusaha lokal meningkatkan kompetensinya. Tidak hanya itu, para pengusaha tersebut juga diajarkan tentang tata cara manajemen bisnis yang baik.

Hingga saat ini, tidak kurang dari 180 pengusaha lokal telah merasakan dampak positif dari program pelatihan yang diselenggarakan oleh PT RAPP. Ribuan lapangan pekerjaan tercipta berkat semakin banyaknya pengusaha lokal binaan yang sukses menjalankan bisnisnya.

Selain memberi bantuan berupa pelatihan, perusahaan Sukanto Tanoto juga tidak jarang memberi dukungan finansial bagi mereka yang ingin mendirikan usaha, khususnya untuk bidang-bidang usaha yang sejalan dengan kebutuhan perusahaan. Beberapa bidang usaha tersebut di antaranya adalah penyediaan tenaga kerja dan sarana transportasi.

PT RAPP selalu menjadi yang terdepan dalam mengembangkan masyarakat setempat. Selain membantu dalam bidang ekonomi, perusahaan Sukanto Tanoto ini juga aktif mendorong masyarakat sekitar untuk beradaptasi serta melakukan upaya mitigasi dampak perubahan iklim. Berkat upayanya tersebut, PT RAPP sukses meraih penghargaan Proiklim dari Bupati Pelalawan pada akhir tahun 2019 lalu.

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 komentar:

Posting Komentar