Langkah Melakukan Perbaikan Tempat Cuci Piring Yang Perlu Anda Lakukan


Langkah Melakukan Perbaikan Tempat Cuci Piring Yang Perlu Anda Lakukan


Penggunaan bak tempat cuci piring secara terus-menerus membuatnya lama-lama menjadi rusak. Apalagi kalau Anda membiarkan kerusakan terjadi tanpa diperbaiki sesegera mungkin. Meskipun tingkat kerusakan maupun kebocoran relatif kecil. Namun, lama-kelamaan akan menimbulkan kerusakan yang lebih besar. Sehingga, Anda perlu segera memperbaikinya.

Anda dapat melakukan perbaikan dengan menyewa tukang servis maupun melakukannya sendiri. Sebenarnya, untuk memperbaiki bak pencucian piring tidaklah rumit. Anda hanya perlu melakukan beberapa step berikut dengan seksama.

1.     Pemeriksaan Kebocoran Kabinet
Tentunya, Anda harus memeriksa keberadaan kerusakan yang terjadi sekecil apapun. Cara yang dapat Anda lakukan dengan memasukkan air pada kabinet dengan menutup atau menyumpal bagian lubang pengeluaran air agar air tergenang.

Hal ini dilakukan untuk melakukan deteksi kebocoran pada kabinet. Biasanya, kerusakan berupa lubang kecil meneteskan air sedikit demi sedikit. Apabila Anda telah mengetahui letak kebocoran dan melakukan pengecekan secara teliti pada wastafel tempat cuci piring, maka ambillah ember untuk menampung air, khususnya saat kebocoran semakin deras.

2.     Periksa Kebocoran Pipa
Anda dapat mencabut sumbatan pada lubang pengeluaran air untuk mengetahui apakah pipa saluran juga mengalami kebocoran? Namun demikian, kerusakan kecil sangat sulit untuk dideteksi. Sehingga, Anda perlu mengelap dengan menggunakan perlak untuk mengetahui apakah lap yang diusapkan pada pipa basah atau tidak.

Hal ini dilakukan untuk mendeteksi lokasi kebocoran dengan tepat. Anda perlu mengecek secara berkala agar wastafel tidak mengalami kebocoran. Jika telah terjadi kebocoran pada pipa maka segera ambil langkah perbaikan. Jika kebocoran kecil, Anda bisa menambalnya dengan lem khusus pipa. Jika cukup besar, sebaiknya ganti dengan pipa yang baru.

3.     Mengencangkan Bagian Sekrup
Kerusakan yang mengakibatkan kebocoran pada wastafel tempat cuci piring bisa disebabkan oleh sekrup yang mulai longgar. Anda bisa melakukan perbaikan secara manual pada sekrup maupun menggunakan alat yang tepat untuk mengencangkannya. Biasanya, pipa yang sering mengalami kebocoran memiliki bentuk S maupun U.

Mulailah cek semua sekrup yang ada, dan kencangkan kembali satu persatu. Jika sedikit susah, Anda bisa memanfaatkan minyak goreng sebagai pelumas sekrup. Pastikan tidak ada bagian yang bocor di sekitar sekrup. Jika ada, lakukan perbaikan seperti langkah sebelumnya.

4.     Penggantian Pipa
Kebocoran pada pipa dapat disebabkan karena ausnya mesin maupun pipa yang telah berumur. Kondisi ini tentu juga akan berbahaya, misalnya pipa bisa menjadi pecah secara tiba-tiba karena tidak mampu menampung air yang melaluinya.

Sebelum terjadi kerusakan yang fatal, sebaiknya Anda dapat melakukan penggantian saat kondisi pipa sudah sangat rapuh agar tetap membuat wastafel menjadi awet. Kondisi pipa yang baik tentu juga akan membuat Anda merasa aman dan tenang saat menggunakannya.

5.     Memastikan Saluran Air dalam Kondisi Bersih
Kondisi saluran air yang tidak terawat dan kotor dapat menyebabkan terjadinya penyumbatan. Hal ini dapat mengakibatkan terjadinya kenaikan air ke atas menuju permukaan wastafel. Sehingga, dapat menyebabkan air tergenang dan membuat air menjadi semakin kotor.

Anda bisa melakukan pembersihan secara berkala agar saluran air tidak tersumbat oleh kotoran yang menumpuk. Anda bisa menggunakan gumpalan kain yang dililitkan pada sebatang kayu kecil, lalu masukkan pada saluran air agar kotoran bisa terangkat melalui kain tersebut.

Nah, mudah bukan langkah-langkah perbaikannya? Untuk menghindari kerusakan parah, Anda perlu melakukan langkah tersebut secara berkala agar wastafel tempat cuci piring tidak mudah rusak maupun kotor. Semoga artikel ini memberi manfaat dalam menjaga wastafel di rumah Anda.

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 komentar:

Posting Komentar