4 Cara Mengatasi Pegal Linu Ampuh dan Mudah

4 Cara Mengatasi Pegal Linu Ampuh dan Mudah

Manusia bergerak menggunakan otot untuk bisa beraktivitas dengan bebas. Namun, ada berbagai hal yang bisa membuat otot menjadi tegang, kaku, dan sulit digerakkan. Permasalahan yang terjadi pada otot Anda dapat menyebabkan pegal linu yang berkepanjangan. Agar terbebas dari kondisi pegal linu yang berkepanjangan, maka diperlukan pengobatan. Pengobatan itu bisa dengan minum obat, relaksasi, dan menggunakan layanan fisioterapi.

Cara mengatasi pegal linu

Kondisi pegal linu dapat menyerang siapa saja, terutama pada manusia dewasa dan lansia. Penyebabnya juga beragam, mulai dari posisi tidur yang salah, olahraga berlebihan, stres, postur tubuh yang buruk, dan lain sebagainya. Beberapa penyakit seperti rematik, sindrom kelelahan kronis, dan fibromyalgia juga berpotensi menyebabkan gejala pegal linu. Nah, untuk mengatasi rasa pegal linu tersebut, maka akan diuraikan di bawah ini. Yuk, dicek!

  1. Minum obat pereda nyeri
Cara mengobati pegal linu dengan cara yang praktis adalah minum obat pereda nyeri. Obat pereda nyeri ini tidak hanya mengatasi pegal linu saja, bisa juga mengurangi rasa sakit yang diakibatkan oleh otot atau sendi yang meregang. Obat pereda nyeri untuk pegal linu ini memang mudah didapatkan, namun untuk penggunaan jangka panjang sangat tidak dianjurkan. Sebaiknya segera hubungi dokter agar ada pemeriksaan lebih lanjut.

  1. Kompres atau berendam di air hangat
Otot yang terus-menerus atau kurang digerakkan dapat menerima banyak tekanan yang akhirnya membuat otot menjadi tegang, kaku, dan terasa nyeri. Melakukan kompres atau berendam di air hangat dapat membantu meredakan gejala pegal linu yang Anda rasakan. Caranya dengan menempelkan lap yang direndam di air hangat selama 20 menit. Hawa panas dari air hangat dapat membantu melancarkan peredaran darah dan mengurangi ketegangan.

  1. Latihan relaksasi
Salah satu penyebab pegal linu ialah stres yang berlebihan. Nah, keadaan stres ini dapat Anda atasi dengan latihan relaksasi. Caranya dengan menarik nafas dari hidung secara perlahan dan keluarkan melalui mulut secara perlahan. Latihan ini membuat pikiran dan perasaan Anda menjadi lebih tenang dan otot tegang menjadi rileks. Mencoba layanan fisioterapi dapat membantu Anda memimpin latihan relaksasi ini dengan tepat.

  1. Banyak minum air
Bagian paling banyak dari tubuh kita adalah air. Maka dari itu, penting sekali mencukupi kebutuhan air di dalam tubuh ini agar tidak dehidrasi. Kebutuhan cairan ini dapat Anda penuhi dengan mengonsumsi air putih, buah-buahan, sayuran, dan minum jus. Ketika Anda merasakan gejala pegal linu, segeralah makan makanan yang terdapat kandungan air yang banyak.

Demikianlah cara-cara mengatasi pegal linu yang mudah dan ampuh. Penyebab segala penyakit sebenarnya kembali lagi pada pola hidup yang tidak sehat. Untuk merencanakan pola hidup sehat, bisa Anda konsultasikan melalui layanan fisioterapi Homecare24 agar otot atau sendi Anda tidak kaku. Di sisi lain, layanan fisioterapi ini dapat membantu Anda mengendalikan stres yang diakibatkan pekerjaan yang menumpuk.

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 komentar:

Posting Komentar