Allianz Syariah, Perkenalkan Takaful Keluarga sebagai Perlindungan Non Riba


Allianz Syariah, Perkenalkan Takaful Keluarga sebagai Perlindungan Non Riba

Perkembangan keuangan syariah yang terus meningkat di Indonesia, turut meningkatkan pembiayaan syariah. Hal itu terlihat dari kesadaran masyarakat yang lebih nyaman, dengan penggunaan produk halal. Konsep syariah memang mudah berkembang di Indonesia, yang mayoritas penduduknya adalah Muslim. Instrumen yang paling menonjol perubahannya ialah asuransi, yang didasarkan pada prinsip Syariah Islam. Penasaran produknya? Cek disini #AwaliDenganKebaikan.

Mendapat Keuntungan Sekaligus Membantu Orang Lain
Konsep syariah diatur dalam Fatwa DSN Nomor 21/DSN-MUI/X/2001 yang berisi Ta’min, Takaful, dan Tadhamun. Usahanya menerapkan saling melindungi dan tolong-menolong, diantara sejumlah orang melalui kontribusi dalam bentuk tabarru’. Konsep tersebut diterapkan untuk meghadapi resiko tertentu, dengan menggunakan akad sesuai syariah. Akad yang dimaksud tidak mengandung unsur masyir, gharar, riba, suap, dan risywah.

Toni adalah seorang nasabah dari perusahaan asuransi syariah Indonesia, dan menggunakan program Allisya Protection Plus. Cerita awal Ia menemukan makna dari konsep syariah ialah setelah mendapatkan teguran dari seorang teman. Toni pada saat masih menggunakan produk asuransi konvensional sebagai proteksi untuk keluarganya. Jabatan sebagai Kepala Marketing di sebuah perusahaan swasta, membuatnya harus mengalosikan dana untuk menabung.

Kala itu Toni mengambil produk asuransi kerugian dengan premi tahunan 10 juta, dengan harapan mendapatkan proteksi lebih besar. Toni termasuk nasabah yang tepat waktu dalam membayar premi tahunan, dan hal itu berlangsung selama 3 tahun. Suatu hari Ia mengalami musibah kecelakaan, yang membuat dirinya harus dirawat selama beberapa bulan. Biaya kerugian yang ditanggung oleh Toni cukup besar, sehingga Ia mengajukan klaim ke pihak asuransi.

Namun pada saat itu yang didapatkan oleh Toni hanyalah sebuah kekecawaan, karena pihak asuransi tidak bisa meng-cover seluruh biayanya. Klaim polis asuransi kerugian miliknya hanya bisa mencairkan dana sebesar 30 persen, dari total tabungan yang investasikan selama 3 tahun. Meskipun istrinya sempat mengajukan protes ke pihak perusahaan tetapi hal tersebut hanya dianggap sebagai angin lalu. Setelah kejadian itu Toni menjual polis kerugian yang dimilikinya.

Beralih ke Proteksi Jiwa yang Lebih Adil
Untungnya kala itu Toni bertemu dengan salah satu temannya dan mengajak bergabung ke Allianz Syariah. Setelah itu Toni baru merasakan perbedaannya dimana produk asuransi syariah justru membuat hidupnya lebih tenang. Produk memberikan perlindungan maksimal dengan nilai investasi, untuk keluarga tercinta. Asuransi memberikan manfaat perlindungan aset dan penghasilan yang lengkap, untuk menghadapi resiko kehidupan yang tidak terduga.

Banyak metode yang bisa dipilih dengan jumlah pembayaran kontribusi, yang sesuai dengan rencana keuangan. Toni mengatakan bahwa iurannya termasuk ringan dan ujrah administrasi baru ditagihkan saat tahun kedua. Dalam menjalankan produknya menurut Toni sangat adil, karena dana tabarru’ tidak memaksakan kehendak nasabahnya. Jumlah kontribusi menyesuaikan dengan kemampuan masing-masing nasabah.

Toni tidak perlu membeli beberapa jenis polis untuk proteksi jiwa, cukup satu polis dengan masa berlaku selama 10 tahun. Produk AlliSya Protection Plus akan memberikan klaim dengan 100 kondisi penyakit kritis. Terdapat pula dana penggantian biaya perawatan rumah sakit seuai dengan tagihan yang ditangguhkan. Bahkan Toni sudah memempersiapkan warisan untuk keluarganya, jika terjadi resiko kematian.

Perusahaan asuransi semakin melebarkan sayapnya, untuk proteksi diri sendiri dan keluarga. Apalagi kehadiran konsep syariah dalam asuransi semakin membuat masyarakat penasaran, dan berminat untuk membelinya. Nasabah tidak perlu terbebani dengan jumlah premi yang besar, karena dalam konsep syariah pembayaran ditanggung bersama. Apabila terdapat keuntungan atau kerugian tidak ada yang diberatkan, cara ini dianggap lebih adil.  
Allianz Blog Contest

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 komentar:

Posting Komentar