Bagaimana Cara Investasi Efektif untuk yang Pertama Kali Kerja?

 

Investasi Pemula

 

Kas darurat memang dibutuhkan siapa saja tak terkecuali anak muda. Kebutuhan mendadak selalu bisa terjadi tak mengenal waktu dan kondisi. Dibalik itu semua butuh perjuangan untuk mempunyai dana cadangan. Orang umumnya melakukan kegiatan menabung. Tetapi tahukah kalau menabung itu ada risiko alami yang mengikutinya? Risiko itu biasanya berupa inflasi, biaya administrasi bank, dan lainnya.

 

Kalau begitu menabung saja tidak cukup. Kaum muda dapat mencoba investasi. Metode itu tidak akan membuat uang berkurang karena beberapa faktor alami. Justru nilai uang akan mengalami peningkatan. Sesuai dengan yang tertera pada pengertian apa itu investasi. Uang Anda ketika diinvestasikan dapat tumbuh mengikuti metode perhitungan investasi yang dipakai. Tidak sedikit orang mendapatkan imbal hasil berlipat sampai berada pada tingkatan.

 

Belajar investasi memang menarik sekali. Tetapi bagi kaum muda yang belum pernah terjun. Maka butuh kiat khusus supaya tidak terjebak dalam investasi bodong yang saat ini banyak kasusnya. Supaya lebih mantap menabung pakai investasi. Ikuti beberapa tips mudah berikut ini.

 

1.Searching Secara Benar Jenis Investasi

Cara investasi itu beragam jenisnya ada yang berupa valas, obligasi, deposito, saham, reksadana, properti, emas, p2p, dan banyak lagi. Dari sekian jenis itu silahkan pilih salah satu. Jangan lupa sesuaikan dengan kemampuan dan ketahanan dalam menghadapi risiko.

 

Investasi biasanya mempunyai risiko. Semakin tinggi risiko tingkat return yang dicapai juga tinggi. Begitupun jika risiko yang melekat itu rendah, maka imbal hasilnya juga sebanding. Kalau Anda tipe orang suka dengan risiko yang aman. Maka instrument emas, deposito, obligasi, p2p bisa jadi pilihan. Tetapi kalau Anda suka tantangan dengan tingginya risiko. Saham, valas, reksadana adalah alternatif pilihannya.

 

2. Investasi Itu Harus Disebar Dalam Beberapa Instrument

Ketika melakukan investasi, Anda harus sadar tentang kondisi masa depan yang belum pasti. Supaya tidak terjerembab dalam pusaran ketidakpastian. Usahakan pilih beberapa alat investasi. Supaya ketika satunya hasil kurang bagus, masih bisa ditutupi dengan instrumen lainnya. Jadi masih ada pegangan dana tidak sampai kosong, hanya mengandalkan satu alat saja.

 

Misalkan saja Anda tertarik dengan valas. Lalu Anda ingin melakukan pencabangan investasi. Maka pilihan p2p lending itu tepat. Karena tingkat risikonya kecil dengan segala kepastian dan imbal hasil tinggi. Hal itu menjadi alternatif terbaik untuk kaum muda. Apalagi investasi p2p itu mempunyai efek luar biasa. Yakni peningkatan kesejahteraan rakyat, khusus pelaku UMKM yang umumnya para perempuan.

 

Khusus untuk investasi online p2p ini, Anda dapat menjadi bagian dari lembaga keuangan resmi bernama Amartha. Lembaga ini cocok untuk kaum muda milenial yang melek teknologi. Karena semua berbasis fintech dengan kepraktisannya. Ketika bergabung menjadi investor, kaum muda bebas mengelola portofolio sendiri.

 

Hal itu dikarenakan adanya sistem pemilihan peminjam yang akan didanai. Amartha menyediakan akun khusus untuk investor disertai profil peminjam. Dari situ Anda dapat mengenali potensi. Setelah itu membuat penyebaran dana pada lebih dari satu peminjam.

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 komentar:

Posting Komentar