CARA MENCUCI YANG BAIK BAGI PEMULA

Mencuci Pakaian

Mencuci baju sendiri selain lebih hemat juga bisa mendapatkan hasil yang cukup memuaskan sesuai dengan selera kita. Walau terlihat sebuah pekerjaan yang berat sebenarnya mencuci bisa dilakukan dengan santai. Jika kamu belum terbiasa untuk mencuci sendiri sebaiknya simak cara mencuci baju yang mudah untuk pemula ini :


1. Pisahkan baju berwarna dengan putih

Rules pertama adalah pisahkan baju putih dengan baju berwarna. Siapak dua ember untuk memisahkan baju berdasarkan warnanya. Tujuannya adalah agar baju putih tidak terkena noda luntur dari baju lain. Setelah itu basahi dengan air untuk mempermudah proses merendam.


2. Gunakan deterjen atau shampo?

Ada dua hal yang harus kamu ingat saat memilih deterjen. Pertama jika hanya mencuci kaos dan baju rumah kamu bisa menggunakan deterjen yang biasa. Sedangkan untuk baju mahal bisa memakai shampo, alasannya shampo lebih nggak menggandung bahan kimia dan lebih ramah untuk baju mahal kamu (toh baju mahal kamu nggak dipakai sampai kotor banget kan). Soal banyaknya deterjen, perbandingannya adalah satu banding dua, misalnya air satu gayung makan deterjen yang digunakan sekitar setengah sendok takar. Kalau ingin mencuci dengan banyak busa, jumlah deterjen bisa ditambah, meski nanti dibilas butuh air lebih banyak.


3. Kucek sebentar lalu tinggal rendam

Dalam menaruh baju, pastikan sampai tertutup busa deterjen. Kucek sebentar, agar cairan deterjen masuk ke serat kain dengan cepat. Setelah itu tinggalkan selama 30 menit untuk proses merendam. Jika baju kamu memiliki noda, bisa direndam selama 1 jam. Ingat jangan terlalu lama merendam karena bisa membuat baju kamu jadi bau.


4. Kucek/sikat sampai bersih

Sekarang baru masuk ke proses inti, yaitu mengucek atau sikat baju sampai bersih. Bisa mengucek dengan tangan untuk pakaian yang nggak terlalu kotor dan efektif dalam menjaga baju tetap awet. Dan memakai sikat untuk baju yang memiliki noda membandel. Walau prosesnya sederhana dan perlahan, mencuci bisa menjadi olahraga juga lho. Dan mencuci sendiri hasilnya lebih memuaskan.


5. Gunakan pewangi pakaian

Jangan lupa untuk merendam dengan pewangi pakaian setelah kamu membilas pakaian yang telah dicuci. Menggunakan pewangi dapat membuat pakaian menjadi harum dan juga lembut sehingga mudah untuk disetrika nantinya. Untuk pewangi pakaian saya menggunakan royale by soklin yang merupakan pewangi pakaian terbaik karena memiliki keharuman seperti parfum mewah. Aroma segarnya juga menempel lama di pakaian jadi meskipun beraktifitas seharian pakaian tetap wangi. Pewangi https://www.royalebysoklin.com/ juga membuat pakaian menjadi lembut sehingga baju tidak mudah kusut dan lebih mudah disetrika.


6. Perhatikan cara menjemur

Setelah semua selesai, cara menjemur jadi tips mencuci baju bagi pemula yang harus banget diperhatikan! Kalau baju biasa seperti kaos setelah diperas, bisa langsung dijemur. Sementara kalau kamu mencuci baju berbahan rajut, keringkan dengan handuk kering dan biarkan semalaman, jangan pernah menggantungnya ya karena bisa mengubah bentuk baju kamu. Ingat untuk menjemur baju jangan langsung terkena sinar matahari dan jangan menginggalkan baju kamu dijemuran terlalu lama karena bisa berdebu.

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 komentar:

Posting Komentar