Cara Praktis Menghilangkan Karat pada Bagian-bagian Mobil

Karat Mobil 

Seiring bertambahnya usia, mobil akan mengalami penurunan performa, salah satunya disebabkan oleh munculnya karat. Proses korosi umumnya terjadi karena logam pada bodi mobil terpapar udara maupun kelembapan. Jika dibiarkan terlalu lama, mobil akan sukar dibersihkan, sulit dijual, hingga menurunkan nilai jaminan asuransi kendaraan terbaik di Indonesia.

Karat yang sudah cukup parah dapat membuat Anda harus mengeluarkan biaya cukup besar untuk mengatasinya. Tentunya, Anda tidak mau hal tersebut sampai terjadi kan? Tidak perlu khawatir,  Anda bisa mencegah munculnya karat lewat cara-cara berikut:


  • Aplikasikan pelumas di beberapa bagian

Beberapa bagian mobil lebih rentan berkarat saat tidak mendapatkan perawatan yang memadai. Salah satu bagian yang cepat mengalami pengaratan adalah engsel, sebab bagian ini tersembunyi, sehingga jarang diperhatikan sejumlah pemilik kendaraan. Maka sebelum terlambat, Anda dapat mengaplikasikan pelumas seperti oli untuk melindunginya.

Bagaimana kalau engsel sudah telanjur disaputi karat? Sebaiknya bawa ke bengkel untuk diganti yang baru, lalu berikan pelumas secara rutin sebagai bentuk pencegahan.


  • Rutin membersihkan mobil di pagi atau siang hari

Luangkan waktu Anda untuk membersihkan mobil setiap minggunya. Pagi atau siang hari adalah waktu yang tepat untuk mencuci kendaraan tersebut. Membersihkan di sore atau malam hari kurang direkomendasikan karena Anda akan kesulitan saat mengelap bagian-bagian tersembunyi. Selain itu, mobil juga akan sulit mengering dan meningkatkan peluang oksidasi.

Kalau Anda membutuhkan pembersihan maksimal, bawa kendaraan ke bengkel atau tempat cuci mobil yang memiliki peralatan lebih lengkap.


  • Segera mencuci mobil setelah hujan

Air hujan adalah salah satu faktor yang menyebabkan korosi pada permukaan mobil. Pasalnya, berbeda dengan air biasa, air hujan mengandung kotoran dan senyawa lain yang mempercepat pengaratan. Jadi begitu Anda sampai di rumah setelah melewati hujan deras, segera siapkan perlengkapan untuk membersihkan bodinya dari kotoran.

Jika permukaan bodi mobil kena lumpur atau cipratan tanah, pastikan Anda mencucinya beberapa kali dan mengelapnya secara perlahan untuk mencegah baret atau goresan.


  • Hilangkan karat dengan bahan-bahan alami

Ada beberapa bahan alami yang bisa Anda manfaatkan untuk menghilangkan karat pada mobil. Sebut saja cuka yang dicampurkan dengan air supaya encer. Kandungan asam asetat dan asam sitrat dinilai mampu menyingkirkan lapisan karat. Kemudian, ada juga lemon dan jeruk nipis yang perlu Anda campur dengan garam untuk mengikis sisa-sisa korosi.

Bahan alami lainnya yang  dapat dipakai adalah baking soda. Seperti cuka, bahan ini perlu dilarutkan dengan air sebelum diaplikasikan pada permukaan berkarat.

Apabila bagian mobil yang mengalami pengaratan bisa dibongkar, sebaiknya Anda lepaskan dulu untuk memudahkan proses pembersihan. Rendam dalam air bercuka selama satu atau dua hari, lalu bilas dengan air bersih sampai sisa karat yang menempel terangkat secara maksimal.

 

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 komentar:

Posting Komentar