Jangan Sampai Keliru! Begini Penggunaan Nebulizer Pada Bayi

Nebulizer Bayi


Sebagian dari anda belum mengetahui nebulizer yang merupakan alat untuk mengubah obat obatan yang pada awalnya berbentuk cairan kemudian diubah menjadi uap. Adapun manfaat alat ini ini seperti membantu kelancaran pernapasan pada pasien tidak terkecuali pada bayi. Namun ada beberapa saran terkait penggunaan alat pengobatan ini dirumah. Berikut ulasannya.

Saran Tepat Dalam Penggunaan Pada Bayi

1.Pakaikan Alat Dengan Benar

Alat pengubah obat cair menjadi uap ini dilakukan dengan cara menghirup uap menggunakan masker. Sangat disarankan untuk anda membaca terlebih dahulu terkait petunjuk yang telah tertera pada kotak alat tersebut dengan anjuran yang telah diberikan oleh dokter sebelumnya. Meskipun tergolong mudah dioperasikan, tapi tidak ada salahnya untuk anda memperhatikan penggunaannya dengan teliti. 

Langkah pertama yang harus dilakukan yakni dengan menancapkan kompresor udara pada stop kontak listrik. Selanjutnya tuangkan obat obatan yang diperlukan dengan mengatur dosis yang tepat pada cangkir obat yang telah disediakan. Tahap berikutnya yakni hubungkan bagian lain dengan menyematkan selang udara ke alat nebulizer dan juga mesinnya.

Jika sudah, selanjutnya anda bisa menghubungkan masker dengan cangkir alat tersebut.  Kemudian anda bisa mengenakan masker hingga dapat menutupi bagian hidung dan juga mulut si kecil. pastikan kembali agar masker ini terhubung dengan tali yang cukup elastis agar dapat menahan masker supaya tidak goyah. 

2. Mengawasi Bayi Saat Proses Menghirup Uap

Proses penguapan ini biasanya terjadi dengan memakan waktu kisaran lima hingga sepuluh menit lamanya. Jika digunakan pada bayi, penggunaan alat ini bisa membuat bayi dapat kembali bernafas lagi dengan normal. Namun ada beberapa tahap yang perlu diperhatikan agar tidak salah.

Pertama anda harus menahan tubuh bayi dalam posisi duduk berada diatas pangkuan anda. Jangan lupa untuk memastikan bahwa masker telah terpasang pada bagian wajah si kecil dengan sempurna tanpa adanya kelonggaran. Sebab jika pemasangan nebulizer tidak sempurna, uap obat bisa saja bocor dan bayi yang tidak mendapatkan pengobatan uap sesuai dengan dosis yang telah ditentukan. 

Namun terkadang ada masa dimana uap obat mengalami kondisi yang melambat. Apabila mengalami kejadian tersebut, anda bisa menjentikkan dengan perlahan pada area cangkir obat menggunakan jari. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa seluruh obat telah terhirup dan tidak ada satupun yang tersisa. 

3. Membersihkan Alat Uap Dengan Tepat

Sebelum memasangkannya pada si kecil, ada baiknya untuk anda memperhatikan kebersihan alat tersebut agar menghindari resiko bayi menghirup kuman yang bisa menyebabkan timbulnya infeksi. Yang mana disarankan bahwa alat ini harus dibersihkan secara berkala kira kira sebanyak tiga kali pembersihan dalam satu minggu apabila anda menggunakannya secara teratur. 

Cara membersihkan alat kesehatan yang merupakan salah satu tindakan medis ini juga cukup mudah, yakni dengan merendam bagian alat dengan menggunakan air sabun hangat selama kurang lebih 20 menit. Setelah itu bilas hingga bersih lalu rendam kembali di dalam larutan cuka serta larutan air yang menggunakan perbandingan 1 banding 4 selama kisaran waktu 20 menit. 

4. Hindari Menggunakan Alat Ketika Bayi Menangis

Dalam penggunaannya pun harus memperhatikan waktu yang tepat. Jangan sampai anda memakaikan alat ini ketika bayi sedang menangis, sebab bisa menyebabkan trauma bagi si kecil. Proses penguapan yang dilakukan apabila bayi menangis juga tidak akan berjalan dengan maksimal.

Yang mana ketika bayi menangis maka ia akan memiliki tempo nafas yang lebih cepat dari kondisi normal, lalu menghembuskannya dengan panjang. Hal tersebut bisa beresiko hampir tidak adanya obat dalam bentuk uap yang bisa terhirup dalam hingga mencapai pada paru paru si kecil. 

Itu dia beberapa cara penggunaan alat pengobatan uap apabila diperuntukkan untuk bayi. Adanya ulasan ini diharapkan anda tidak sembarangan dalam penggunaan alat tersebut hingga bayi bisa mendapatkan dosis obat yang sesuai kebutuhannya, dengan tidak kekurangan dari dosis yang telah ditentukan. 

 

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 komentar:

Posting Komentar