4 Jenis Rekomendasi Dokumentasi API Terbaik

API


API adalah singkatan dari Application Programming Interface yang merupakan sebuah program yang digunakan untuk menghubungkan aplikasi satu dengan yang lainnya. API atau banyak orang yang menyebutnya dengan dokumentasi API ini mempunyai sebuah peranan sebagai perantara untuk berbagai macam aplikasi yang berbeda yang ada dalam satu platform atau lintas platform.

Aplikasi API bisa digunakan sebagai alat komunikasi dengan menggunakan beberapa bahasa pemograman yang sangat mudah dipahami. Ini sangat memudahkan para developer website karena tidak perlu menyediakan semua data tapi mereka bisa mengambil data yang sekiranya dibutuhkan pada platform lain.

API juga bisa digunakan untuk mengembangkan website melalui berbagai macam fitur yang lengkap yang ada di dalamnya. Misalnya saja, Anda adalah seorang pengguna WordPress. Maka, Anda bisa melakukan integrasi dengan beberapa platform menggunakan API yang bernama WordPress Rest API.

Jenis – Jenis Layanan Application Programming Interface

Aplikasi pemograman dokumentasi API saat ini sudah mulai berkembang. Maka tidak heran, ada banyak bermunculan berbagai macam jenis-jenis layanan API yang ada saat ini. Berikut ini ada beberapa contoh jenis layanan API yang bisa Anda gunakan, yaitu :


1.    Open API

Open API atau disebut juga dengan nama Public API  adalah jenis API yang dapat digunakan oleh siapa saja yang berada dalam lintas platfom. Jenis API ini sangat mudah dalam hal penggunaannya. Anda hanya cukup mendaftar pada aplikasi ini atau Anda juga bisa memanfaatkannya pada aplikasi yang sudah tertanam pada gadget Anda. Berikut ini ada beberapa contoh layanan Open API yaitu Google Map API dan API yang digunakan untuk mencatat data COVID di Indonesia.


2.    Privat API

Privat API sangat berbeda dengan jenis Open API. Jenis API ini hanya bisa digunakan oleh kalangan tertentu. Dengan kata lain, program dokumentasi API ini  tidak dapat digunakan umum. Privat API sengaja dibuat untuk digunakan mengakses front end yang ada pada sebuah website dan digunakan pada aplikasi mobile pengembang.


3.    API Partner

API Partner merupakan jenis API yang digunakan untuk kepntingan umum. Jenis API ini biasanya digunakan beberapa pihak yang sudah memiliki izin dalam penggunaannya. Sama dengan public API, untuk bisa menggunakannya Anda harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Pendaftaran ini dilakukan kepada pihak penyedia API. Baru setelah itu, Anda bisa menggunakan API sesuai perjanjian. Berikut ini adalah contoh dari partner API yaitu API pinterest.


4.    Composite API

Jenis API terakhir adalah bernama Composite API. Composite API adalah jenis API yang bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan data pada berbagai macam server dan hosting pada satu wadah. Penggunaan jenis API ini tentu saja bisa sangat menghenat waktu pagi para penggunanya. Hal ini karena para pengguna akan mendapatkan beberapa jenis-jenis data dengan hanya dalam satu kali akses saja. Wah, sangat praktis dan efesien, bukan?


Itulah tadi beberapa penjelasan mengenai aplikasi dokumentasi API beserta jenis-jenis layanan API yang ada pada saat ini. Layanan API saat terus dan terus dikembangkan menjadi layanan yang lebih baik dan juga canggih.

 Dari penjelasan di atas, bisa disimpulkan API merupakan layanan yang dapat membantu di dalam mengembangkan sebuah website menjadi lebih baik dan mudah. Hal ini tentu saja sangat memberikan inspirasi bagi Anda khususnya para developer untuk menggunakan API dalam mengembang website.

 

 

 

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 komentar:

Posting Komentar