Yuk, Mulai Jalani Kebiasaan Kecil Ini Agar Tubuh Fit dan Sehat

Air Putih

Demi masa tua yang tenang, tentu saja Anda akan merencanakan berbagai persiapan dengan hati-hati mulai dari menabung, memproteksi diri dengan mendaftar asuransi penyakit kritis , hingga mulai berinvestasi entah dalam bentuk saham maupun lainnya. Tapi, seringkali Anda lupa bahwa Anda juga perlu untuk menjaga dan merawat kesehatan tubuh.

Lantas, bagaimana cara menjaganya? Anda bisa memulainya dengan melakukan beberapa kebiasaan berikut:

 

  1. Ubah isi piring

Anda bisa mulai mengubah isi piring seperti program Isi Piringku yang dikenalkan oleh Kementerian Kesehatan RI. Melansir promkes.kemenkes, idealnya dalam satu porsi Isi Piringku harus mengandung 50% sayur & buah serta 50% karbohidrat & protein. Pasalnya, untuk mendapatkan asupan karbohidrat, protein, vitamin dan mineral yang seimbang, Anda harus mengonsumsi sumber gizi yang beragam. Jika biasanya dalam sekali makan hanya ada nasi dan daging, mulai dari sekarang Anda bisa menambahkan sayur ke dalam piring Anda.

 

  1. Konsumsi air putih yang cukup

Tubuh membutuhkan air putih minimal dua liter dalam sehari agar tidak mengalami dehidrasi. Kebutuhan tubuh atas air putih ini tidak dapat digantikan dengan cairan ataupun  minuman manis lainnya, maka dari itu penting bagi Anda untuk selalu memenuhi kebutuhan cairan harian dalam tubuh. Rutin mengonsumsi air putih dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif otak agar bisa berkonsentrasi, terhindar dari penyakit saluran kemih, bahkan baik untuk kesehatan mental karena dapat meredakan stres, perasaan tertekan, dan membuat mood menjadi lebih baik.

 

  1. Membuat green smoothies

Jika Anda termasuk orang yang sulit mengkonsumsi sayuran, Anda bisa mencoba green smoothies. Green smoothies sendiri merupakan kombinasi antara buah dan sayur, yang memberikan nutrisi murni, vitamin, mineral, dan serat untuk tubuh. Jika dikonsumsi secara teratur, maka dapat melancarkan pencernaan, meningkatkan energi tubuh, dan membuat kulit menjadi sehat dan cerah.

 

  1. Berolahraga minimal 30 Menit sehari

Padatnya aktivitas sehari-hari seringkali membuat kegiatan olahraga diabaikan. Padahal, olahraga tidak membutuhkan durasi yang lama dan dapat dilakukan di mana saja. Sebagai permulaan, Anda bisa melakukan jalan pagi selama 30 menit setiap hari, agar tidak bosan Anda juga bisa berganti variasi olahraga seperti aerobik, lompat tali, jalan cepat, atau lari. Jika aktivitas ini dilakukan secara rutin, Anda akan mulai merasakan perubahan yang positif pada tubuh Anda seperti peredaran darah ke seluruh tubuh menjadi lancar, mengurangi stres, tubuh terasa rileks, dan dapat mempertajam daya ingat.

 

Nah, jika sudah melakukan proteksi dan investasi dalam hal keuangan, jangan lupa untuk berinvestasi di tubuh Anda sendiri, ya!

 

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 komentar:

Posting Komentar