Candi-Candi yang ada di Malang

Candi Malang


Malang memang surganya wisata, Baik wisata alamnya, Theme Park, oleh oleh khas Malang ataupun wisata sejarahnya. Jika biasanya kita mengulas keindahan wisata alam ataupun Themepark. Kali ini kita akan mengulas wisata sejarah yang ada di Malang. Lebih tepatnya lagi ini kita bakalan flashback untuk mengetahui sejarah candi-candi di Malang.

Candi Singosari

Candi pertama adalah Candi Singosari. Candi ini merupakan peninggalan Kerajaan Singosari yang dibangun pada masa kerajaan Kertanegara. Disini kalian bisa tahu besarnya Candi Singosari yang masih kokoh berdiri di tengah kota yang menandakan Bahwa Kerajaan Singosari dulunya memang pernah berjaya di kota Malang

Candi Sumberawan

Lokasi kedua yaitu Candi Sumberawan yang merupakan peninggalan Kerajaan Singosari juga. Uniknya candi Sumberawan ini adalah adanya sumber mata air yang terus mengalir dan bisa juga diminum.

Candi Badut

Berbeda dengan 2 Candi sebelumnya, Candi ini merupakan peninggalan Kerajaan Kanjuruhan. Yang diperkirakan nih usianya sudah lebih dari 1400 tahun. Candi ini merupakan candi yang tertua di Jawa Timur dan diyakini candi ini merupakan peninggalan Prabu Gajayana.

Candi Kidal

Lanjut ke janji Selanjutnya aja Candi Kidal. Candi ini sendiri dibangun sebagai bentuk penghormatan atas jasa besar Anusopati. Anusopati ini merupakan raja kedua dari Kerajaan Singosari. Candi ini masih berdiri dengan tegak dan kokoh. Di sekitar Candi sendiri banyak terdapat pohon-pohon besar dan rindang. Taman candinya juga tertata dengan baik.

Candi Jago

Candi ini berlokasi di Dusun Jago, Desa Tumpang, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Dari arah Kota Malang dibutuhkan jarak tempuh sekitar 22 KM. Menurut kitab Negarakertagama dan Pararaton, nama Candi Jago sebenarnya berasal dari kata jajagu dan candi ini sendiri dibangun sebagai penghormatan Raja Singasari yang keempat yaitu Srijaya Wisnuwardhana.

Candi Songgoriti

Menuju ke Candi yang terakhir, ada candi Songgoriti. Candi Songgoriti merupakan satu-satunya candi yang ada di kota Batu. Candi ini bernama asli Candi Supo, tapi lebih sering disebut candi Songgoriti oleh warga sekitar. Hampir seluruh wujud asli dari candi ini sudah hancur, namun meski dalam kondisi seperti itu keberadaan jadi ini masih sangatlah berarti sebagai bukti tuanya usia peradaban di Kota Batu.

Mengetahui sejarah memang selalu menyenangkan. Kita bisa mengetahui apa yang terjadi di masa lalu lewat peninggalan-peninggalan yang masih ada seperti candi-candi ini contohnya. Setelah berkeliling, jangan lupa berkunjung ke Pia Mangkok untuk membeli pia sebagai oleh oleh khas Malang. Pia Mangkok ini berdiri sejak 1959 dan menggunakan resep leluhur yang sudah terjamin. Yakinlah, sekali gigit, kalian pasti ketagihan! Semoga tulisan ini bermanfaat ya!

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 komentar:

Posting Komentar