Penyebab Kulit Wajah Kering yang Perlu Kalian Ketahui!


Kulit Kering

Kulit kering pada wajah adalah suatu kondisi yang sangat wajar terjadi pada setiap orang. Untuk penyebabnya ada berbagai macam, mulai dari tipe kulit berdasar genetik, usia, bahkan suhu udara.

Selain mengganggu penampilan, kulit kering juga seringkali membuat kita terasa tidak nyaman. Pada dasarnya, kulit kering terjadi akibat kulit kita tidak mendapatkan kelembapan yang cukup.

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan beberapa penyebab kulit wajah kering yang perlu kalian ketahui. Simak artikel ini sampai selesai!

 

1. Kondisi Genetik

Faktor pertama penyebab kulit wajah kering adalah faktor genetik atau keturunan. Jadi, kondisi kulit wajah kering yang kamu miliki bisa saja memang sudah turunan dari keluargamu, entah itu ayah ataupun ibu.

Kondisi genetik ini adalah hal yang tidak bisa diubah lagi. Jadi, apabila kamu memiliki tipe kulit kering karena kondisi genetik, kamu hanya perlu merawatnya saja.

 

2. Usia

Selain genetik, usia juga bisa menjadi salah satu faktor dari kulit kering. Karena semakin kita tua, produksi minyak yang dihasilkan kulit akan semakin menurun, sehingga membuat kulit kita menjadi lebih kering.

Selain itu, kolagen dalam tubuh yang berfungsi menjaga kelembapan juga ikut berkurang seiring pertambahan usia.

 

3. Suhu Udara

Penyebab kulit kering yang selajutnya adalah suhu udara yang ekstrim, khususnya suhu yang terlalu panas. Suhu udara yang panas dapat memicu penurunan tingkat kelembapan pada kulit, sehingga kulit menjadi kering dan terasa gatal.

Selain itu, suhu udara yang terlalu panas juga tak jarang mengakibatkan ruam dan kulit terkelupas.

 

4. Terlalu Sering Cuci Muka

Mungkin sebagian dari kalian ada yang menganggap bahwa kita harus sering mencuci muka agar wajah kita tetap bersih. Namun, sebenarnya itu adalah suatu anggapan yang salah. Mencuci wajah terlalu berlebihan malah bisa membuat kulit menjadi kering bahkan dehidrasi.

Karena pada saat kita mencuci muka, biasanya minyak alami yang dibutuhkan pada wajah akan terus berkurang. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika kalian mencuci wajah paling tidak dua kali sehari saja dan lakukan secara hati-hati.

 

5. Terlalu Sering menggunakan Scrub

Scrub memanglah suatu hal yang penting dilakukan, khususunya untuk mengangkat sel kulit mati di wajah. Namun, penggunaan scrub yang terlalu sering atau berlebihan juga bisa membuat kulit menjadi rusak.

Semakin banyak kalian menggunakan scrub, sebu, yang ada pada kulit wajahmu akan semakin tipis dan menyebabkan kulit kering.

 

6. Penggunaan Produk Mengandung Parfum dan Alkohol

Pernyebab wajah kering yang selanjutnya adalah penggunaan produk yang mengandung parfum ataupun alkohol. Kedua bahan ini bisa membuat kulit wajahmu menjadi kering.

Selain itu, parfum juga dapat membuat kulitmu menjadi iritasi, serta memperburuk masalah kulit kering.

Oleh karena itu, pastikan saat memilih produk perawatan tidak mengandung alkohol ataupun parfum.

 

7. Paparan Sinar Matahari

Yang terakhir, paparan sinar matahari di segala iklim bisa menjadi salah satu penyebab dari wajah kering. Hal ini terjadi karena sinar uv yang dipancarkan matahari mampu menembus ke permukaan kulit, sehingga kulit kehilangan kelembapannya.

Sebagai pencegahan, kalian bisa menggunakan sunscreen ketika keluar rumah dan menggunakan pelembap.

 

Pelembap Wajah Untuk Remaja

Kulit kering bisa diatasi dengan penggunaan produk pelembap wajah untuk remaja yang sudah jelas memiliki manfaat untuk menjaga kelembapan kulit. Berikut ini adalah beberapa produk pelembap wajah yang bisa kalian gunakan:

·         Acnes Natural Care Oil Control & Whitening Cream

·         Emina Bright Stuff Moisturizing Cream

·         Inez Acne Moisturizing Lotion

·         Nature Republic Soothing & Moisture Aloe Vera 92% Soothing Gel

·         Wardah Perfect Bright Moisturizer

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 komentar:

Posting Komentar