Merawat Transmisi Mobil Matic agar Tetap Enak saat Dijalankan

Oli Transmisi


Apakah Anda baru saja membeli mobil bekas matic di https://www.mocil.id? Jika iya, maka Anda perlu mengenali perawatan-perawatan mobil matic yang harus dilakukan. Salah satunya adalah perawatan termasuk merawat transmisinya. Apa sajakah perawatan transmisi mobil matic yang penting untuk diketahui? Simak ulasannya di bawah ini.

1.      Mengganti Oli Transmisi secara Rutin

Memerhatikan oli transmisi menjadi hal penting untuk tetap menjaga mobil Anda baik. Oli transmisi adalah sesuatu yang vital, terutama kegunaannya untuk melumasi bagian mekanis dalam sistem mobil matic.  Idealnya, Anda perlu melakukan pengecekan berkala setiap 20.000 km mobil jalan.

Selain mengganti secara rutin, Anda juga perlu mengecek sisa oli transmisi dalam tangkinya. Kalau kilometernya masih belum cukup namun volumenya sudah berkurang, maka segera tambahkan oli transmisi untuk menghindari kerusakan pada sistem transmisi. Waktu terpenting untuk mengecek sisa oli transmisi ialah sebelum menggunakan mobil pada medan yang berat.

2.      Pindahkan Tuas Transmisi ke Posisi N saat Mobil Berhenti

Cara merawat transmisi mobil agar tetap awet dan tahan lama itu mudah. Sebab, Anda hanya perlu memperhatikan penggunaannya saja. Sebagai contoh, jika sedang berada dalam kemacetan yang panjang dan lama, sebaiknya Anda memposisikan tuas transmisi pada posisi yang netral (N). Karena saat tuas dalam posisi drive (D), kampas kopling akan terhubung dan terus bergesekan.

Sama halnya saat berada di lampu merah atau berhenti sesaat, usahakan jangan memindahkan tuasnya ke posisi parkir (P). Pasalnya, posisi ini akan menimbulkan gesekan mendadak yang bisa merusak sistem transmisi saat posisinya tiba-tiba berubah ke posisi D.

3.      Kenali Tanda Masalahnya

Mengenali masalah-masalah pada mobil matic, terutama di bagian transmisi, sangatlah penting. Hal ini penting sebagai langkah pencegahan, supaya mobil mobil yang baru Anda beli tidak itu mengalami kerusakan karena pemakaian yang kurang tepat.

Salah satu cara mengenali transmisi mobil yang bermasalah ialah dengan mencoba rasakan perpindahan tuas. Apabila proses tersebut terasa kasar dan memunculkan bunyi yang keras, maka Anda perlu untuk membawanya ke bengkel resmi.

Seperti halnya mobil manual, Anda perlu sekali melakukan perawatan secara berkala untuk mobil matic. Alangkah lebih baiknya juga kalau melakukannya di bengkel resmi. Sebab, bengkel resmi memiliki montir ahli yang tahu cara merawat transmisi mobil matic secara benar. Semoga informasi dalam artikel ini bermanfaat, ya!

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 komentar:

Posting Komentar